MOBILE PROGRAMMING

Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk perangkat mobile.contohnya mobile programing untuk ponsel :
1. J2ME , ini rasanya paling umum dan paling banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun masih menggunakan J2ME dengan tambahan API
2. C++ dalam symbian framework, ini khusus untuk HP dengan OS symbian
3. Flash Lite, game flash di mobile. Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia NSeries
4. Objective C (mirip C tapi beda struktur bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa didevelop via OS Macintosh
5. C++ dalam Brew framework, ini untuk HP CDMA
6. C# .NET, untuk HP dengan OS Windows mobile
7. Javafx mobile, masih dikit yang support, mgkn baru HP Android

EMULATOR
Aplikasi yang memungkinkan sebuah software dari sebuah platform berjalan di atas platflorm lain. Emulator menjalankan kode-kode software pada virtual machine. Sehingga software tersebut mengira bahwa Ia sedang berjalan di atas platform aslinya.Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain.


WAP

Teknologi WAP (Wireless Aplication Protocol ) merupakan sebuah metode untuk menghadirkan halaman web di dalam layar Ponsel (Telepon Seluler). Dengan begitu, maka bentuk informasi dari sebuah instansi tidak hanya ditampilkan dengan metode Web yang hanya dapat di akses melalui Browser, akan tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk WAP yang dapat dilihat dengan ponsel.

Dengan adanya dukungan GPRS dari pesawat Handphone, maka memungkinkan kita untuk mengakses semua informasi yang disajikan dalam internet dalam bentuk WAP.

WAP dapat dibuat dengan menggabungkan pemrograman WML (Wireless Markup Language)dengan pemrograman PHP sehingga dapat menghadirkan aplikasi WAP yang dinamis.

Pengertian WAP

WAP adalah suatu protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA. WAP membawa informasi secara online melewati internet langsung menuju ke ponsel atau klien WAP lainnya. Dengan adanya WAP pengguna dapat menggunakan ponselnya untuk mengakses Internet dan memperoleh fasilitas dari masing-masing telepon genggam. Dari sekedar membuka halaman situs untuk melihat informasi, seperti informasi berita atau kurs, cuaca, membuka e-mail, bahkan sampai melakukan transaksi keuangan.
Ada tiga bagian utama dalam akses WAP yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser , sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.

SOFTWARE UNTUK BELAJAR WAP

Dalam belajar pemrograman WAP dengan menggunakan WML, PHP dan MySQL maka software yang harus disiapkan adalah :
1. Web Server (Apache, Appserv, Wamp, X Amp dll)
Dalam hal ini akan digunakan Apache karena mudah serta banyak digunakan oleh pemula. Apache ini akan sangat berguna jika kita membuat program yang menggunakan database yaitu mysql. Untuk mengaktifkannya maka kita aktifkan apache dan pada direktori mysql/bin kita aktifkan winmysqladmin yang telah kita install.
2. Web Browser ( Internet Explorer, Mozilla Firefox)
Untuk mengecek apakah server berjalan dengan baik maka kita dapat mencoba menjalakannya pada IE dengan mengetikkan alamat http://localhost.
3. Emulator WAP (M3Gate, Winwap)
Emulator mempunyai fungsi yang sama dengan browser IE, Mozila, Opera dll.
Dengan menggunakan emulator kita tidak harus mencoba program wap yang kita buat dengan handphone. Untuk belajar kita hanya cukup menggunakan browser berbentuk handphone (emulator) ini untuk menguji semua script WML yang telah kita buat. Contoh tampilan dari m3gate untuk skin Handy dan skin April


Dasar Pemrograman WAP

WAP homepage sangat berbeda dengan HTML homepage. Bahasa markup dokumen pada WAP adalah WML (Wireless Markup Language). WML menggunakan tag – seperti HTML – tetapi tata penulisannya mengikuti aturan standar XML 1.0.
WML page memiliki ekstensi *.WML, seperti halnya halaman HTML yang memiliki ekstensi *.HTML. Walau secara umum beberapa perintah WML terlihat mirip dengan HTML. Namun terdapat perbedaaan dalam struktur penulisan dokumen WML. Jika sebuah dokumen HTML hanya terdiri atas dua bagian utama, yaitu header dan body, dokumen WML mempunyai header, template (optional), dan beberapa body yang disebut dengan cards. Susunan dokumen secara lengkap ini disebut dengan deck. Sama seperti halnya HTML, untuk menyususun dokumen WML diperlukan kode khusus yang dinamakan dengan tag. WML page disebut dengan DECK. Mereka dibangun sebagai kumpulan CARD, yang mana dihubungkan antara satu dengan yang lain dengan link. Ketikan sebuah halaman WML diakses dari mobile phone, semua card di dalam halaman didownload dari WAP server. Navigasi antar card dilakukan dengan phone computer – komputer di dalam hand phone – tanpa meminta akses tambahan ke server

Cara Menuliskan WML

Cara Menuliskan Program WML memang agak sedikit berbeda dengan HTML. Yang membedakan hanyalah pengenal bahwa script tersebut adalah program WML. Hal tersebut mirip dengan program HTML yang setiap kali menuliskan scriptnya harus menggunakan tag dan diakhiri dengan tag .
Begitu juga dengan WML untuk menuliskannya kita dapat memulainya dengan tag dan diakhiri dengan tag . Program WML ditulis kedalam versi XML, sehingga setiap kali menuliskan harus mendeklarasikan kedalam bentuk XML. Hal tersebut merupakan kewajiban, apabila tidak maka Emulator atau Hand Phone tidak dapat mengenalinya.

Tidak ada komentar: